Wavy Tail

Wednesday, June 13, 2018

Jakarta Waktu Kedepan Akan Mempunyai 3 Transportasi Canggih

 
1. Mass Rapid Transit (MRT)
Merdeka.com - Proyek hasil kerja sama dengan Pemerintah Jepang ini memiliki nilai investasi sekitar Rp 12 triliun. Angka itu hanya untuk pengerjaan fase pertama untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI. MRT identik dengan moda transportasi negara-negara maju layaknya Jepang, Hong Kong, dan Singapura.

Jalur MRT yang menghubungkan Lebak Bulus-Bundaran HI ini akan memiliki 13 stasiun yang terdiri dari 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah. Transportasi massal berbasis rel ini akan melayani hingga 173.400 penumpang setiap hari. Proyek ini ditargetkan akan beroperasi pada 2018.

Beberapa rute yang dilalui yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

2. Light Rail Transit (LRT)
Merdeka.com - Tidak jauh beda dengan MRT, LRT memiliki kategori transportasi yang lebih kecil. Jika MRT dikerjakan Jepang, LRT ini dikerjakan oleh perusahaan dalam negeri, seperti PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Rute LRT Jakarta meliputi tujuh koridor, yakni Kebayoran Lama-Kelapa gading, Tanah Abang-Pulomas,Joglo-Tanah Abang, Puri Kembangan-Tanah Abang, Pesing-Kelapa Gading, Pesing-Bandara Soekarno Hatta, dan Cempaka Putih- Ancol.

Sementara rute LRT Jabodetabek meliputi Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, Dukuh Atas-Senayan, Cibubur-Bogor, dan Palmerah-Bogor.
3. Kereta cepat antar provinsi
Merdeka.com - Kereta cepat Jakarta - Bandung menjadi proyek kereta paling canggih yang tengah digarap Indonesia. Selain jenis kereta berat, kereta cepat ini juga bisa melaju mencapai 300 km per jam. Kereta cepat ini ditargetkan bisa beroperasi pada 2019.

Lalu kereta Jakarta - Surabaya yang dibangun dengan kecepatan sekitar 120-150 km per jam. Dengan kecepatan mencapai 150 km per jam, nantinya perjalanan ke Surabaya hanya memakan waktu sekitar 6 jam dari Jakarta, dengan berhenti hanya di Semarang. Dengan waktu itu, ada penghematan waktu 9-10 jam.

0 comments:

Post a Comment